8 Siswi SMP Kerasukan di Lokasi Peninggalan Pasukan Sekutu

8 Siswi SMP Kerasukan di Lokasi Peninggalan Pasukan Sekutu jpnn.com, TAMBRAUW - Delapan siswi SMPN 01 Sausapor Kabupaten Tambrauw, Papua Ba...

8 Siswi SMP Kerasukan di Lokasi Peninggalan Pasukan Sekutu

8 Siswi SMP Kerasukan di Lokasi Peninggalan Pasukan Sekutu - JPNN.COM

jpnn.com, TAMBRAUW - Delapan siswi SMPN 01 Sausapor Kabupaten Tambrauw, Papua Barat kerasukan di lokasi peninggalan pasukan sekutu saat Perang Dunia II, Senin (25/9) kemarin. Mereka tumbang setelah upacara bendera.

Kerasukan berawal dari seorang siswi, Grace yang tiba-tiba terjatuh. Dia kemudian berdiri dan berbicara dalam kalimat yang tidak jelas dan tidak dimengerti oleh temannya dan guru. Tak berapa lama kemudian, tujuh siswi lainnya yang saat itu berkerumun di halaman sekolah, mengalami hal yang sama, kerasukan, berbicara dalam bahasa yang tak dimengerti rekan-rekannya.

Akibat kejadian aneh ini, pihak sekolah mengambil keputusan mendadak, me liburkan siswa-siswinya dari aktivitas belajar. Siswa-siswi dan para guru panik dan trauma dengan kejadian aneh itu. Selain itu, sebagian guru dan siswa sibuk memberikan pertolongan kepada beberapa korban kerasukan dengan mencari bantuan untuk penyembuhan.

Pihak sekolah kemudian memanggil tokoh adat sekaligus tokoh agama di Sausapor, Adrian Mofu untuk datang membantu. Tokoh adat dan agama ini kemudian sembahyang dan baca alkitab sambil mengelus kepala siswi-siswi yang kerasukan roh halus. Proses penyembuhan ini berhasil, berangsur-angsur kedelapan siswi yang kerasukan kembali normal.

Kepala Sekolah SMPN 01 Sausapor, Andarias T. Mirino mengatakan, kejadian aneh ini sudah tiga kali terjadi pekan ini. “Sudah dari kemarin dulu terjadi hal yang sama. Tadi setelah semua siswa dan guru ikut upacara bendera, salah satu siswi kemasukan roh halus, kemudian terkontaminasi dengan yang lain akhirnya ada delapan orang kerasukan,” ujar Andarias kepada Radar Sorong.

Merasa prihatin dengan kejadian kerasukan massal siswinya, pihak sekolah terpaksa membatalkan proses belajar mengajar, dan meliburkan seluruh siswa. "Kami terpaksa meliburkan anak-anak sekolah karena takutnya akan merembet ke seluruh anak-anak," katanya.

Andarias menilai, lokasi dibangunnya sekolah yang dipimpinnya merupakan bekas bangunan peninggalan pasukan sekutu saat Perang Dunia II. Menurut informasi yang diterimanya dari tua-tua adat, dulunya pasukan sekutu pimpinan Amerika Serikat pernah tinggal di tempat bangunan sekolah SMPN 01 Sausapor. “Menurut informasi, sekolah ini lokasinya pernah ditinggali orang Amerika Serikat saat perang dunia kedua. Apakah ada kuburan tua, kami belum tahu pasti,” ucapnya.

Untuk menetralisir pengaruh atau aura negatif di lingkungan sekolah yang dipimpinnya, Andarias mengatakan pihaknya akan mendatangkan tokoh adat dan tokoh agama, untuk melakukan ritual adat dan ibadah keagamaan di sekolahnya. “Di Tambrauw adat sangat kuat se kali, jadi kami akan lakukan ritual untuk mencegah kejadian seperti ini terulang lagi,” pungkasnya. (raf)

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN Pabar

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,2,Lokal,7,Nasional,1,Terkini,50,
ltr
item
Berita 24 Papua Barat: 8 Siswi SMP Kerasukan di Lokasi Peninggalan Pasukan Sekutu
8 Siswi SMP Kerasukan di Lokasi Peninggalan Pasukan Sekutu
https://photo.jpnn.com/arsip/watermark/2017/09/26/ilustrasi-foto-dokjpg.jpg
Berita 24 Papua Barat
http://www.pabar.berita24.com/2017/10/8-siswi-smp-kerasukan-di-lokasi.html
http://www.pabar.berita24.com/
http://www.pabar.berita24.com/
http://www.pabar.berita24.com/2017/10/8-siswi-smp-kerasukan-di-lokasi.html
true
4956064999374717361
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy