Nelayan Papua Barat Peroleh Bantuan Sarana Penangkapan Ikan dari Pemerintah

Nelayan Papua Barat Peroleh Bantuan Sarana Penangkapan Ikan dari Pemerintah dok.humas DJPT / KKP KKPNews, Sorong â€" Pemerint...

Nelayan Papua Barat Peroleh Bantuan Sarana Penangkapan Ikan dari Pemerintah

dok.humas DJPT / KKP

KKPNews, Sorong â€" Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) kembali menyerahkan bantuan sarana penangkapan ikan untuk nelayan di wilayah Indonesia timur. Sebelumnya, DJPT telah menyerahkan bantuan di beberapa lokasi sepanjang pantai utara Jawa untuk meningkatkan kualitas ikan hasil tangkapan dan pendapatan nelayan.

Nelayan di Kabupaten Kaimana mendapatkan bantuan 3 unit kapal berukuran 5 Gross Tonnage (GT ) lengkap dengan alat tangkap rawai dasar 1.000 mata pancing dan 1 unit kapal 10 GT dengan API handline. Sedangkan nelayan Kabupaten Fak-fak mendapatk an 7 unit kapal berbobot 10 GT dan nelayan Kabupaten Sorong memperoleh kapal 10 GT sebanyak 1 unit dengan API rawai dasar 1.000 mata pancing.

Penyerahan bantuan berlangsung di Pelabuhan Perikanan (PP) Sorong (5/12), disaksikan ratusan nelayan setempat. Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Papua Barat Jack Sawaki, Walikota Sorong Ec Lambert Jitmau, Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat Margaretha Renyaan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sorong Ruddy R. Laku, dan Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan KKP Agus Suherman.

Dalam sambutannya Sjarief menjelaskan, berdasarkan hasil riset Komisi Nasional Pengkajian Sumber Daya Ikan pada tahun 2016 potensi sumber daya ikan di 11 wilayah pengelolaan perikanan (WPP) Indonesia meningkat menjadi 12,54 juta ton. Hal ini tentu harus dapat dimanfaatkan oleh nelayan lo kal agar dapat meningkatkan hasil tangkapannya.

“Bantuan kapal dan API ramah lingkungan ini saya harapkan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memanfaatkan sumber daya ikan yang makin melimpah itu secara lestari dan berkelanjutan,” tutur Sjarief.

Sjarief juga mengajak seluruh nelayan yang hadir dalam pertemuan itu untuk menjaga laut dengan menggunakan API ramah lingkungan. Pemakaian API ramah lingkungan sejalan dengan pilar keberlanjutan KKP untuk menjaga sumber daya ikan tetap lestari, yang pada gilirannya meningkatkan usaha perikanan dan kesejahteraan nelayan secara berkelanjutan pula.

“Mari kita bekerja bersama-sama agar laut kita dapat dinikmati hingga anak cucu kita kelak. Peran aktif bapak-bapak nelayan saudaraku memerangi praktik IUU (Illegal, Unreported, and Unregulated) fishing telah membuahkan hasil yang luar biasa. Ikan di Indonesia telah melimpah ruah,” papar Sjarief.

Selain bantuan kapal dan alat penangkapan ikan, DJPT juga menyerahkan klaim asuransi nelayan kepada ahli waris, pemberian kartu asuransi nelayan, dan penyerahan bantuan permodalan nelayan bekerjasama dengan Bank BRI.

Sjarief menjelaskan, target bantuan premi asuransi nelayan seluruh Indonesia sebesar 500.000 orang saat ini telah tercapai sepenuhnya. Nelayan Papua Barat menerima sebanyak 3.982 kartu asuransi atau teralisasi 120% dari target semula sebanyak 3.320 nelayan. Penyerahan kartu diwakili kehadiran 9 orang penerima.

Sementera itu penerima klaim asuransi nelayan akibat kematiaan di laut Rp 200 juta diterima oleh Rustam Mustari. Sedangkan Yakobus Peday mendapatkan santunan pengobatan sebanyak Rp 2,2 juta.

“Mari yang belum mendaftar segera mendaftar di Dinas Kelautan dan Perikanan setempat. Manfaat dalam bentuk santunan akibat kecelakaan aktivitas penangkapan ikan hingga Rp 200 juta apabila meninggal dunia, Rp 100 juta apabila mengalami cacat tetap dan Rp 20 juta untuk biaya pengobatan. Sedangkan jaminan san tunan kecelakaan akibat selain aktivitas penangkapan ikan Rp 160 juta apabila meninggal dunia, cacat tetap Rp 100 juta dan biaya pengobatan Rp 20 juta,” paparnya.

DJPT juga bekerja sama dengan Bank BRI membuka Gerai Permodalan Nelayan (Gemonel) untuk meningkatkan skala usaha termasuk memfasilitasi pengembangan alat penangkapan ikan ramah lingkungan. Sampai saat ini gemonel bekerjasama dengan BRI berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 14,87 miliar untuk 180 debitur Papua dan Papua Barat. Pemberian Gemonel secara simbolis diberikan kepada 5 penerima, yaitu Tamsil Sundre yang menerima permodalan sejumlah Rp 150 juta, Arman Bryan dan Supendi masing-masing Rp 25 juta, Rudiyanto sejumlah Rp 50 juta dan Murham Djaya sebanyak Rp 100 juta.

Pada kesempatan yang sama, KKP juga menyerahkan bantuan 7 paket sarana budidaya untuk pembudidaya ikan di Papua Barat senilai Rp 770 juta.

Sjarief menyatakan KKP sangat mengutamakan ketepatan maksud maupun sasaran penerima dari setia p bantuan. Dalam hal ini bantuan terutama diperuntukkan bagi koperasi dan nelayan kecil. Ia berharap seluruh bantuan dari pemerintah tersebut dapat digunakan dengan baik dan optimal untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Tak lupa, saya mengucapkan terima kasih dari lubuk hati yang terdalam kepada para nelayan semua. Tanpa jasa-jasa Bapak-bapak, kami semua dan generasi penerus nanti tidak mungkin dapat menikmati ikan sebagai sumber protein hewani yang menyehatkan dan mencerdaskan,” ujar Sjarief.

“Dengan pengorbanan itu sepatutnya nelayan mendapat kedudukan terhormat sebagai pahlawan. Pangan adalah tulang punggung kehidupan kita, tulang punggung untuk menghasilkan energi dalam membangun bangsa,” pungkasnya. (humas_djpt)

  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments

Sumber: Google News | Berita 24 Pabar

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,2,Lokal,7,Nasional,1,Terkini,50,
ltr
item
Berita 24 Papua Barat: Nelayan Papua Barat Peroleh Bantuan Sarana Penangkapan Ikan dari Pemerintah
Nelayan Papua Barat Peroleh Bantuan Sarana Penangkapan Ikan dari Pemerintah
http://news.kkp.go.id/wp-content/uploads/2017/12/WhatsApp-Image-2017-12-06-at-10.31.58-696x392.jpeg
Berita 24 Papua Barat
http://www.pabar.berita24.com/2017/12/nelayan-papua-barat-peroleh-bantuan.html
http://www.pabar.berita24.com/
http://www.pabar.berita24.com/
http://www.pabar.berita24.com/2017/12/nelayan-papua-barat-peroleh-bantuan.html
true
4956064999374717361
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy