www.AlvinAdam.com


Berita 24 Papua Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Peringatan Hari Ibu 2017 di Papua Barat: Presiden Jokowi Puji Kinerja 9 Menteri Perempuan di Kabinet Kerja

Posted by On 03.32

Peringatan Hari Ibu 2017 di Papua Barat: Presiden Jokowi Puji Kinerja 9 Menteri Perempuan di Kabinet Kerja


Foto: Dok. Kementerian PPPA
Tahun ini, puncak peringatan Hari Ibu ke-89 dipusatkan di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Dengan tema Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya, Presiden Joko Widodo juga menekankan tentang perwujudan peran serta perempuan dalam proses pembangunan bangsa.
Selain pernah memiliki presiden perempuan, yakni Ibu Megawati Soekarnoputri, Indonesia juga memiliki 9 srikandi di Kabinet Kerja.
“Bahkan di Amerika Serikat pun belum pernah ada presiden perempuan. Keberhasilan kita dalam bidang pembangunan manusia karena kontribusi Menko Ibu Puan Maharani, keberhasilan dalam bidang diplomasi internasional oleh Ibu Retno Marsudi, keberhasilan pengelolaan keuangan nasional oleh Ibu Sri Mulyani Indrawati, kebe rhasilan melindungi alam laut oleh Ibu Susi Pujiastuti, keberhasilan menekan atau mengurangi kebakaran hutan di Indonesia oleh Ibu Siti Nurbaya, keberhasilan mengembangkan Badan Usaha Milik Negara oleh Ibu Rini Soemarno, keberhasilan meningkatkan kesehatan masyarakat oleh Ibu Nila Moeloek, keberhasilan meningkatkan penyaluran bantuan-bantuan sosial oleh Ibu Khofifah Indra Parawansa, dan keberhasilan meningkatkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak oleh seorang menteri yang berasal dari Papua, yakni Ibu Yohana Yembise atau akrab disapa Mama Yo,” ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya.
Lima dari sembilan menteri perempuan yang disebutkan tadi turut hadir dalam peringatan Hari Ibu. Puan Maharani, Retno Marsudi, Nila Moeloek, Yohana Yembise, dan Siti Nurbaya juga membacakan puisi berjudul Pesan Ibu Bangsa.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengatakan penyelenggaraan puncak acara Hari Ibu di Papua Barat merupakan bukti nyata bahwa negara hadir di wilayah 3T, yakni tertinggal, terluar, dan terpencil.
“Saya berharap Hari Ibu menjadi momentum untuk meningkatkan potensi perempuan Indonesia, mendorong kesetaraan gender, serta memberi kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan untuk bekerja sama membangun bangsa dan negara. Selamat Hari Ibu untuk kita semua!” ujar Menteri Yohana seperti yang tertulis dalam rilis pers yang diterima femina.

Presiden Jokowi juga sempat berdialog dengan para mama-mama Papua tentang komoditas yang mereka jual di pasar. “Hari ini kita memperingati Hari Ibu, artinya kita juga memperingati hari mama-mama Papua karena mereka adalah Indonesia,” ujar Presiden Joko Widodo.
Puncak peringatan acara Hari Ibu ke-89 ini juga dimeriahkan dengan festival kuliner dan ke rajinan mama-mama Papua, serta pertunjukan seni dan budaya. (f)
Cek foto-foto lainnya dari Puncak Peringatan Hari Ibu 2017 di laman berikutnya.

Rahma Wulandari

Topic

#HariIbu MORE ARTICLE Sihir Mimpi Susi Pudjiastuti Sihir Mimpi Susi Pudjiastuti Presiden Joko Widodo Jadi Duta HeForShe untuk Kesetaraan Gender Presiden Joko Widodo Jadi Duta HeForShe untuk Kesetaraan GenderSumber: Google News | Berita 24 Pabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »