www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Strategi Pertamina Wujudkan BBM Satu Harga di RI

Posted by On 05.22

Strategi Pertamina Wujudkan BBM Satu Harga di RI

detikFinance / Energi / Detail Berita Follow detikFinance Kamis 30 Nov 2017, 14:35 WIB Strategi Pertamina Wujudkan BBM Satu Harga di RI Muhammad Idris - detikFinance Strategi Pertamina Wujudkan BBM Satu Harga di RIPertamina buka penyalur BBM di distrik Paniai, Papua/Foto: Dok. Pertamina Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupaya mewujudkan BBM Satu Harga. Meski bukan hal mudah, upaya memberikan akses energi secara merata kepada seluruh rakyat Indonesia dari ujung barat hingga timur, termasuk wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) tetap dilakukan.
Tujuannya, selain harga BBM bisa terjangkau, juga terjamin keberlanjutannya.
Distribusi BBM selama ini terkendala kondisi geografis Indonesia yang memiliki 17.504 pulau yang dikelilingi perairan dengan ragam relief daratan yang tak beraturan, baik dataran tinggi, maupun dataran rendah. Akses jalan dan infrastruktur yang belum memadai, menjadi tantangan dalam mewujudkan pemerataan energi hingga pelosok negeri.
PT Pertamina (Persero) mendapatkan amanat dalam mendistribusikan energi di seluruh wilayah Indonesia. Diperkuat dengan armada pendistribusian menggunakan moda transportasi darat, laut dan udara, serta dukungan para pejuang en ergi yang mendukung rantai distribusi energi, dalam hal ini bahan bakar minyak (BBM).
Sejak Oktober 2016, Pertamina sudah merealisasikan program BBM Satu Harga di Papua. Kesuksesan tersebut, dilanjutkan menjadi program BBM Satu Harga Nasional melalui Permen ESDM no 36 Tahun 2016 Tentang Percepatan BBM Satu Harga, Pertamina ikut berkontribusi dalam mewujudkan energi berkeadilan.
Sebanyak 150 lokasi BBM Satu Harga ditetapkan, dan harus terealisasi dalam waktu 3 tahun dari 2017 รข€" 2019. Terdiri dari 54 titik pada 2017, 50 titik pada 2018, dan 46 titik pada 2019. Estimasi penyaluran BBM di daerah-daerah target program BBM Satu Harga akan mencapai sekitar 215 ribu kiloliter (KL) pada 2017, dan menjadi 580 ribu KL pada 2019. Hingga 27 November 2017, BBM Satu Harga telah menjangkau 29 titik. Sisanya 25 titik diharapkan tuntas pada akhir tahun ini.
Direktur Pemasaran Pertamina, M. Iskandar menyatakan, Pertamina terus bergerak menyelesaikan pembangunan beberapa lembaga penyalur yang telah memasuki tahap finishing. Untuk merealisasikannya, perlu proses yang cermat. Bukan hanya mengandalkan pembangunan fisik lembaga penyalur, namun perlu memperhitungkan berbagai aspek seperti pemetaan lokasi, perizinan, pencarian mitra, akses distribusi, dan kesiapan infrastruktur pendukung.
Sebagai contoh untuk mendistribusikan BBM di Kecamatan Paloh, Kabupatan Sambas, Kalimantan Barat, Pertamina harus mengirim BBM dari Terminal BBM Pontianak yang berjarak 260 kilometer dengan waktu tempuh hingga delapan jam. Medan pendistribusian masih berupa aspal kasar dan tanah, membuat perjalanan sulit ditempuh oleh truk tangki Pertamina dan berpotensi terperosok terutama dalam kondisi hujan.
Truk tangki juga harus menyeberang sungai menggunakan kapal feri yang harus disewa khusus sehingga biaya angkut BBM per liter menjadi tinggi. Satu kali perjalanan, truk tangki dapat memuat 8.000 liter BBM. Di Papua pengiriman BBM dilakukan dengan moda transportasi udara dengan biaya kisar an Rp 5.000-Rp 30.00/liter.
"Namanya penugasan, kami tidak melihat biaya distribusi sebagai beban. Tetapi ini adalah amanat pemerintah yang harus kami realisasikan," kata Iskandar.
Untuk mewujudkan ketersediaan energi, Pertamina harus merogoh kocek sekitar Rp 800-Rp 1 triliun per tahun. Namun Iskandar menggarisbawahi, meski perlu biaya besar, namun perlu dilihat dari efek perekonomian di lokasi sasaran yang makin bergeliat.
Penyebaran BBM Satu Harga yang telah terealiasi 11 titik di Papua dan Papua Barat, 5 titik di Kalimantan, 3 di Sulawesi, 3 di Maluku, 2 di Sumatera, 2 di Jawa dan 3 titik di Bali, NTB serta NTT.
Kini ketika Pertamina berkomitmen mewujudkan energi berkeadilan melalui BBM Satu Harga, menurut Iskandar, sudah seharusnya semua pihak memiliki semangat yang sama, agar BBM Satu Harga terdistribusi secara tepat sasaran dan memberikan efek positif bagi masyarakat. Tentunya perlu dukungan berbagai pihak, agar energi yang ditujukan bagi masyarakat di wilayah 3T tidak tercederai oleh ulah sekelompok oknum untuk mendapatkan keuntungan semata. (ega/hns) Berita Terkait

  • Garap Kilang Tuban, Pertamina-Rosneft Bikin Perusahaan Patungan
  • PEF 2017: Wadahnya Para Ahli Bahas Energi Berkelanjutan
  • Rini Pindahkan Direktur PLN ke Pertamina
  • Hore! Kabupaten di Papua Ini Nikmati Harga BBM Seperti di Jawa
  • Arcandra Pastikan Pertamina Kelola Blok Mahakam di 2018, Siapa Partnernya?
  • Harga Bensin 14 Daerah di Papua Bakal Sama Seperti di Jawa
  • Harga Pertamax Naik Rp 150/Liter, Jadi Rp 8.400
  • Operasi Pasar Elpiji 3 Kg Diserbu Warga, Beli Harus Pakai KK
Baca Juga detikInet Kominfo Terbaik Kedua, Telkomsel Sumbang PNBP Rp 7,8 Triliun

Kominfo Terbaik Kedua, Telkomsel Sumbang PNBP Rp 7,8 Triliun

detikOto Bagaimana Mengetahuai Pelumas yang Punya Kualitas Bagus?

Bagaimana Mengetahuai Pelumas yang Punya Kualitas Bagus?

detikNews Bendera Kuning dan Bunga Dukacita Tampak di Rumah Bondan Winarno

Bendera Kuning dan Bunga Dukacita Tampak di Rumah Bondan Winarno

detikNews Saat Delegasi Negara IMO Asyik Bermain Angklung Bersama di London

Saat Delegasi Negara IMO Asyik Bermain Angklung Bersama di London

detikOto Pelumas Bagus Belum Tentu Bahan Bakunya Bagus

Pelumas Bagus Belum Tentu Bahan Bakunya Bagus

detikSport Sean Gelael Alihkan Fokus ke Tes F1 di Abu Dhabi

Sean Gelael Alihkan Fokus ke Tes F1 di Abu Dhabi

detikOto Ketika Anak Motor Berbagi ke Panti Asuhan

Ketika Anak Motor Berbagi ke Panti Asuhan

detikOto Ajak Komunitas Pertamina Pantau SPBU

Ajak Komunitas Pertamina Pantau SPBU

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com News Feed
  • Solusi Mentan Atasi Kerugian Sawah Terendam Banjir

    Solusi Mentan Atasi Kerugian Sawah Terendam Banj ir

    Kamis, 30 Nov 2017 20:18 WIB Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman sudah menyiapkan solusi untuk mengatasi masalah sawah yang terendam banjir. Apa saja solusinya?
  • IHSG Anjlok 1,8% Jelang Libur Panjang, Ini Penyebabnya

    IHSG Anjlok 1,8% Jelang Libur Panjang, Ini Penyebabnya

    Kamis, 30 Nov 2017 20:02 WIB IHSG dari sesi I me mang bergerak di zona merah, namun mendekati penutupan tiba-tiba anjlok cukup dalam. Ini penyebabnya.
  • Investasi Bodong Juga Marak di Kota Besar

    Investasi Bodong Juga Marak di Kota Besar

    Kamis, 30 Nov 2017 19:57 WIB Satuan tugas (satgas) waspada investasi menyebutkan korban penipuan investasi tersebut tidak hanya di daerah namun juga di kota besar.
  • Robert Pakpahan Jabat Dirjen Pajak, Ini Harapan Pengusaha

    Robert Pakpahan Jabat Dirjen Pajak, Ini Harapan Pengusaha

    Kamis, 30 Nov 2017 19:54 WIB Robert Pakpahan telah ditunjuk sebagai Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, sebagai pengganti Ken Dwijugiasteadi.
  • Chatib Basri: Saya Berharap Banyak dari Robert Pakpahan

    Chatib Basri: Saya Berharap Banyak dari Robert Pakpahan

    Kamis, 30 Nov 2017 19:49 WIB Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menilai Robert Pakpahan sebagai sosok yang tepat di posisi Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak).
  • Jabat Dirjen Pajak, Robert Pakpahan Dapat PR Segudang

    Jabat Dirjen Pajak, Robert Pakpahan Dapat PR Segudang

    Kamis, 30 Nov 2017 19:44 WIB Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Robert Pakpahan untuk posisi Dirjen Pajak.
  • Mentan Jamin Sawah Terendam Banjir Tak Ganggu Stok Beras Nasional

    Mentan Jamin Sawah Terendam Banjir Tak Ganggu Stok Beras Nasional

    Kamis, 30 Nov 2017 19:42 WIB Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, banjir merendam sawah-sawah beberapa daerah di Jawa tidak mengganggu stok beras nasional.
  • Mendag Usulkan Agar Lansia Jepang Dirawat di Indonesia Laporan dari Tokyo

    Mendag Usulkan Agar Lansia Jepang Dirawat di Indonesia

    Kamis, 30 Nov 2017 19:41 WIB Mendag mengusulkan agar ke depan sebaiknya tak perlu perawat RI yang ke Jepang tapi para orang-orang lanjut usia Jepang yang dirawat di Indonesia.
  • Ini Profil Dirjen Pajak Baru Robert Pakpahan

    Ini Profil Dirjen Pajak Baru Robert Pakpahan

    Kamis, 30 Nov 2017 19:39 WIB Robert Pakpahan telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak).
  • Sah, Robert Pakpahan Jabat Dirjen Pajak

    Sah, Robert Pakpahan Jabat Dirjen Pajak

    Kamis, 30 Nov 2017 19:34 WIB Presiden Jokowi menunjuk Robert Pakpahan sebagai Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak), pengganti Ken Dwijugiastea di yang sudah memasuki masa pensiun.
  • Hingga November PUPR Serap Anggaran Rp 76 T, Ini Hasilnya

    Hingga November PUPR Serap Anggaran Rp 76 T, Ini Hasilnya

    Kamis, 30 Nov 2017 19:32 WIB Capaian fisik pembangunan Kementerian PUPR di Indonesia telah mencapai 79,12% per 29 November 2017. Capaian ini lebih tinggi dibandingkan 2016 yakni 76,57%.
  • Terowongan Jalur Ganda KA Tembus Bukit di Banyumas Siap Operasi 2018

    Terowongan Jalur Ganda KA Tembus Bukit di Banyumas Siap Operasi 2018

    Kamis, 30 Nov 2017 19:23 WIB PT PP Tbk saat ini tengah membangun proyek Terowongan Notog BH 1440 yang merupakan proyek terowongan double track pertama di Indonesia. Begini perkembangannya.
BERITA TERBARU +
  • IHSG Anjlok 1,8% Jelang Libur Panjang, Ini Penyebabnya

    IHSG Anjlok 1,8% Jelang Libur Panjang, Ini Penyebabnya Kamis, 30 Nov 2017 20:02 WIB

  • Investasi Bodong Juga Marak di Kota Besar

    Investasi Bodong Juga Marak di Kota Besar Kamis, 30 Nov 2017 19:57 WIB

  • Robert Pakpahan Jabat Dirjen Pajak, Ini Harapan Pengusaha

    Robert Pakpahan Jabat Dirjen Pajak, Ini Harapan Pengusaha Kamis, 30 Nov 2017 19:54 WIB

  • Chatib Basri: Saya Berharap Banyak dari Robert Pakpahan

    Chatib Basri: Saya Berharap Banyak dari Robert Pakpahan Kamis, 30 Nov 2017 19:49 WIB

Most
Popular
  • 01

    Ini Profil Dirjen Pajak Baru Robert Pakpahan

  • 02

    Sah, Robert Pakpahan Jabat Dirjen Pajak

  • 03

    Terowongan Jalur Ganda KA Tembus Bukit di Banyumas Siap Operasi 2018

  • 04

    Apa yang Bikin Bitcoin Sempat Tembus Rp 148,5 Juta?

  • 05

    Jajal Transportasi Publik di London, Ini Catatan Menhub

  • 06

    Robert Pakpahan Dilantik Jadi Dirjen Pajak Malam Ini

  • 07

    Jabat Dirjen Pajak, Robert Pakpahan Dapat PR Segudang

  • 08

    Belajar dari China, Begini Cara Jadi Negara Maju

  • 09

    Kena Razia Tunggak Pajak Kendaraan, Tak Bisa Ikut Pemutihan

  • 10

    Ini 12 Perusahaan Investasi Bodong yang Sudah Diproses Hukum

Selengkapnya Most
Popular
  • 01

    Ini Profil Dirjen Pajak Baru Robert Pakpahan

  • 02

    Sah, Robert Pakpahan Jabat Dirjen Pajak

  • < li> 03

    Terowongan Jalur Ganda KA Tembus Bukit di Banyumas Siap Operasi 2018

  • 04

    Apa yang Bikin Bitcoin Sempat Tembus Rp 148,5 Juta?

  • 05

    Jajal Transportasi Publik di London, Ini Catatan Menhub

  • 06

    Robert Pakpahan Dilantik Jadi Dirjen Pajak Malam Ini

  • 07

    Jabat Dirjen Pajak, Robert Pakpahan Dapat PR Segudang

  • 08

    Belajar dari China, Begini Cara Jadi Negara Maju

  • 09

    Kena Razia Tunggak Pajak Kendaraan, Tak Bisa Ikut Pemutihan

  • 10

    Ini 12 Perusahaan Investasi Bodong yang Sudah Diproses Hukum

SelengkapnyaSumber: Google News | Berita 24 Pabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »