www.AlvinAdam.com

Berita 24 Papua Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ini Destinasi Wisata yang Harus Kamu Kunjungi di Sorong

Posted by On 22.38

Ini Destinasi Wisata yang Harus Kamu Kunjungi di Sorong

Tanjung Kasuari, wisata pantai di Kota Sorong. IST

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com â€" Konon nama ‘Sorong’ berasal dari kata Soren. Dalam bahasa Biak Numfor, ‘Soron’ berarti laut yang dalam dan bergelombang. Kata Soren digunakan pertama kali oleh suku Biak Numfor yang berlayar pada zaman dahulu dengan perahu-perahu layar dari satu pulau ke pulau lain hingga tiba dan menetap di Kepulauan Raja Ampat.

Orang-orang Biak Numfor inilah yang memberi nama “Daratan Maladum” (sekarang termasuk bagian dari wilayah Kota Sorong) dengan sebutan “Soren” yang kemudian dilafalkan oleh para pedagang Tionghoa, misionaris clad Eropa, Maluku dan Sangihe Talaut dengan sebutan Sorong.

< figure>
Kota Sorong, Papua Barat

Kota ini dikenal dengan sebutan Kota Minyak, di mana Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM) mulai melakukan aktivitas pengeboran minyak bumi di Sorong sejak tahun 1935. Sorong adalah kota terbesar di Provinsi Papua Barat serta kota terbesar kedua di Papua Indonesia, setelah Kota Jayapura.

Pulau Um, Sorong, Papua Barat

Jika kamu berkunjung ke kota ini, kamu dapat melihat habitat berbagai jenis penyu langka di Kampung Yamursba Medi, Wau Distrik Abun dan Sausapor. Kamu juga dapat menyaksikan ribuan ekor kelelawar dan burung elang laut yang hidup bebas di Pulau Um. Bagi kamu yang suka dengan keindahan pemandangan alam, bisa mengunjungi Pantai Katatop yang memiliki gugusan pulau yang sangat indah dan menawan untuk disaksikan.

Jika kamu hobi berselancar dapat menyambangi Pantai Walio dan pantai yang ada di Kampung Moraid. Bagi yang suka berenang atau snorkeling, kamu dapat mengunjungi Pantai Tanjung Kasuari, karena di lokasi ini sangat cocok dengan kegiatan tersebut.

Pulau Buaya juga merupakan spot yang cocok bagi kamu yang memiliki hobi berenang dan memancing. Kamu juga dapat mencoba berendam di mata air panas Klaijili yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.


Pulau Ram, Kota Sorong, Papua Barat

Obyek wisata lainnya adalah taman rekreasi pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya, Pulau Raam, Pulau Soop dan Pulau Doom yang terkenal dengan pantainya yang indah. Juga pulau Dofior yang terdapat Tugu Selamat Datang di Kota Sorong dengan menggunakan bahasa Moi (suku asli di Kota Sorong) yang ramah dan bersahabat menyambut pengunjung yang datang di Kota Sorong. Juga, tembok Dofior yang terkenal dengan pemandangan panorama laut dan keindahan alam menjelang senja.

Makanan khas Sorong yang cukup digemari dan patut untuk dicoba adalah roti abon gulung. Roti yang dibuat dengan cara digulung dengan abon di bagian luar dan dalam ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan rasa manis gurih dan tekstur yang sangat empuk. Cicipi pula keripik keladi. Keripik keladi ini terbuat dari talas dengan rasanya yang enak dan gurih, Anda pun akan ketagihan.

Sumber: pacebro.com

Sumber: Google News | Berita 24 Pabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »