www.AlvinAdam.com

Berita 24 Papua Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Figur Kuat di Bidang Kelautan Dibutuhkan di Papua Barat kata Paulus Talimbekas

Posted by On 06.56

Figur Kuat di Bidang Kelautan Dibutuhkan di Papua Barat kata Paulus Talimbekas

Figur Kuat di Bidang Kelautan Dibutuhkan di Papua Barat kata Paulus Talimbekas

Harta kekayaan perikanan di Papua Barat yang amat berlimpah-rua. Tidak ada daerah lain di Indonesia sekaya perikanan di Papua Barat.

Figur Kuat di Bidang Kelautan Dibutuhkan di Papua Barat kata Paulus Talimbekaskompas.comIlustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harta kekayaan perikanan di Papua Barat amat berlimpah-rua dan tidak ada daerah lain di Indonesia sekaya perikanan di Papua Barat.

Sangat disayangkan bagi Papua Barat, karena kekayaan perikanan yang hebat namun pendapatan dari sektor tersebut sangat rendah atau sama sekali tidak memadai.

Demikian dikatakan oleh Wakil Ketua Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Paulus Talimbekas saat dihubungi dari Jakarta Sabtu (27/1/2018).

Paulus mengungkapkan kekayaan perikanan di Papua Barat yang demikian besar belum dapat dimanfaatkan atau dikelola secara maksimal.

"Dari tahun ke tahun penanganan di bidang perikanan ini amat buruk. Tidak pernah ada perbaikan atau kemajuan yang signifikan. SDMnya rendah, peralatan, dan infrastrukturnya juga sangat tidak memadai," jelas Paulus Talimbekas.

Padahal, lanjutnya, Papua Barat didominasi oleh kekayaan laut yang sangat menjanjikan untuk dijadikan tulang punggung ekonomi nasional.

Berdasarkan analisis Organisasi Pangan Dunia (FAO), Indonesia menempati urutan ketiga dunia sebagai negara penghasil ikan terbesar dunia setelah Cina dan India.

Mungkin sepertiga dari kekayaan ikan di Indonesia ini ada di Papua. Kalau saja bidang perikanan ini sudah dilengkap infrastruktur berupa pelabuhan yang baik, perusahaan pengolahan ikan yang baik, peningkatan mutu SDM yang baik dan berkualitas, teknologi pengamanan kelautan yang baik, alhasil, Papua Barat dapat menjadi lumbung ikan nasional, kemudian bisa langsung diekspor ke negara terdekat seperti Amerika.

Menurut Paulus Talimbekas, figur yang tepat untuk menempati posisi sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan adalah Farian K Sulaeman, S. Pel, MM (45).

Saat ini Farian, demikian figur yang dianggap tepat ini biasa dipanggil, menjabat sebagai Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Sorong.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Toni Bramantoro Ikuti kami di VIDEO: Dengar Pidato Jokowi, Anggota DPR Pakistan sampai Pukul-pukul Meja Sumber: Google News | Berita 24 Pabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »