www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diaspora Indonesia di AS Bantu Program Pendidikan dan Kesehatan Papua

Posted by On 09.03

Diaspora Indonesia di AS Bantu Program Pendidikan dan Kesehatan Papua

  • Home
  • Berita
  • Nasional

Nasional

Diaspora Indonesia di AS Bantu Program Pendidikan dan Kesehatan Papua Dana yang akan dikucurkan mencapai US$ 350 ribu atau sekitar Rp 4,7 miliar per tahun. Campak dan Gizi Buruk Anak Asmat Seorang ibu bersama anaknya dari kampung Warse, Distrik Jetsy menunggu ambulan setibanya di pelabuhan Misi, Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Senin (22/1). Sebanyak 15 anak di evakuasi menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats untuk diberikan perawatan dan Rabu 7/2/2018, 14.26 WIB Ameidyo Daud Bappenas: Kasus Gizi Buruk Asmat Jadi Teguran Keras Bagi Pemda Kasus Gizi Buruk di Papua, Sri Mulyani Segera Evaluasi Dana Otsus Bappenas Targetkan Pembiayaan Campuran Dapat Digunakan Tahun Ini

Diaspora Indonesia di Amerika Serikat akan memberikan bantuan berupa program pendidikan dan kesehatan untuk Provinsi Papua dan Papua Barat. Kedua program tersebut adalah program sekolah berasrama dan layanan pengobatan jarak jauh atau telemedicine.

Ketua Indonesian American Society of Academics (IASA) Edward Wanandi mengatakan, akan ada 25 profesor diaspora Indonesia di AS yang terjun untuk mengawal pelaksanaan program ini. Sedangkan dana yang akan dikucurkan mencapai US$ 350 ribu atau Rp 4,7 miliar per tahun, dimulai sejak tahun ini.

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

"Funding dari kami sendiri untuk melayani wilayah Papua dan Papua Barat," kata Edward usai penandatangan perjanjian kerja sama percepatan pembangunan Papua antara Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan IASA di Gedung Bappenas, Jakarta, Rabu (8/2).

Edward mengatakan, mengatakan ide awal IASA turun gunung ke Papua ini untuk menjawab tantangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat kunjungannya ke AS. Luhut yang saat itu berstatus Menter i Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan bertanya kepada Edward dan diaspora akademisi lainnya apakah bisa membantu pengembangan Papua secara holistik.

"Ternyata yang tertarik ada 82 profesor asal Indonesia, dan 25 aktif (membantu)," kata dia. (Baca juga: Derita Campak dan Gizi Buruk Anak Asmat)

Bantuan pelayanan sarana kesehatan jarak jauh ini dilakukan untuk mengatasi minimnya rasio dokter dan penduduk di Papua dan Papua Barat. Sehingga bukan tidak mungkin melakukan tindakan medis di puskesmas di Papua dengan panduan spesialis dari kota besar melalui teknologi tertentu.

Sedangkan bantuan program sekolah berasrama nantinya akan membina anak muda Papua dan Papua Barat untuk mempelajari ilmu lain di luar kurikulum sekolah seperti teknologi, pertanian, dan peternakan.

"Asrama ini karena penduduk Papua menyebar tetapi sulit dikumpulkan untuk pendidikannya," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Sedangkan kerja sama in i dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Papua Barat. Apabila dua hal ini berjalan baik, maka Bappenas akan mencoba mereplikasi program ini di wilayah Indonesia terpencil lainnya.

"Ini baik bagi Bappenas untuk mengurangi kesenjangan daerah dan kelompok pendapatan," kata Bambang. (Baca juga: Bakal Pegang 10% Saham Freeport, Gubernur Papua: Tak Dijual ke Asing)

Ameidyo Daud Artikel Terkait Bappenas: Kasus Gizi Buruk Asmat Jadi Teguran Keras Bagi Pemda "Kami harap tidak ada lagi pemerintah kabupaten di Papua yang lalai memperhatikan kesehatan warganya," kata Bambang Kasus Gizi Buruk di Papua, Sri Mulyani Segera Evaluasi Dana Otsus Evaluasi perlu dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan dana otonomi khusus Papua yang akan berakhir pada 2021. Bappenas Targetkan Pembiayaan Campuran Dapat Digunakan Tahun Ini "Intinya kami dorong agar (program) SDGs bisa manfaatkan blended finance secara luas," kata Bambang

Berita Terpopuler

Nasional Heboh, Saat Mobil dan Kantor Luhut Diperiksa Petugas Antisadap Kantor Kemaritiman melibatkan petugas Badan Siber dan Sandi Negara untuk memeriksa potensi penyadapa ... Keuangan Jokowi Siapkan Aturan Gaji PNS Muslim Dipotong 2,5% untuk Zakat Jokowi berharap reformasi dalam pengelolaan zakat dapat menjadi solusi pengentasan kemiskinan dan me ... Nasional Survei Pilgub Jabar, Ridwan Kamil-Uu dan Deddy-Dedy Bersaing Ketat Suara pemilih PDIP, Gerindra, dan PKS banyak bergeser kepada Ridwan-Uu dan Deddy-Dedi. Digital Astra dan Djarum Dikabarkan Ikut Suntik Go-Jek Sekitar Rp 3 Triliun Astra dan Djarum bersama puluhan investor asing menyuntikkan dana US$ 1,5 miliar ke Go-Jek. "Ini sem ... Infrastruktur LRT Jabodebek Terhambat Izin Penetapan Lokasi dari Anies Baswedan Adhi Karya juga menghadapi persoalan pembebasan tanah di depo kereta yang ditargetkan selesai pada b ... Nasional Tiga Alasan Ketua BEM UI Hadiahkan ‘Kartu Kuning’ ke Jokowi Ketua BEM UI menganggap Presiden Jokowi seharusnya mendapatkan peringatan untuk melakukan evaluasi p ... Perdagangan Usai Ditegur Jokowi, Mendag Menaikkan Target Ekspor Jadi 11% Menteri Perdagangan optimistis dengan perbaikan ekonomi global dan peluang meningkatnya kerja sama ... Bisnis Jelang Penutupan Gerai, Clarks Diserbu Pengunjung Antrean pengunjung tampak menguar hingga sekitar lima meter di depan pintu gerai.

Opini

Aulia Ersyah Marinto  Ketua Umum Asosiasi eCommerce Indonesia (idEA) Aulia Marinto

Jangan Terapkan Pajak Hanya di Market Place, Juga Media Sosial

Djarot Kusumayakti Direktur Utama perum Bulog Djarot Kusumayakti

Siapa yang Menanggung Rugi Kalau Bulog Beli Gabah di Atas HPP?

A. Rinto Pudyantoro Rinto

Nasib Investasi Hulu Migas Pasca Terbitnya Aturan Pajak Gross Split

Prahoro Nurtjahyo Prahoro

Menjawab Keraguan Terhadap Gross Split

Fahmy Radhi Fahmy Radhi

Menggugat Survei Fraser Berdasarkan Manfaat Gross Split

Baca juga Pekerja migas Energi Pertamina Hulu Energi Naikkan Target Produksi Tahun Ini Pelabuhan ekspor Perdagangan Kemendag Siapkan Empat Strategi Untuk Kejar Target Ekspor 11% Migas Energi Potensi Cadangan Gas di Blok Abar Capai 84 BSCF Dolar Amerika Serikat   Makro Tiga Sumber Cadangan Devisa Januari Kembali Cetak Rekor Infomark Membangun Indonesia Sentris Infomark Membangun Indonesia Sentris Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Infomark Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru PROP   ER: Pertamina Berkomitmen Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Infomark Komitmen Pertamina Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Mendukung Pembangunan Sektor Strategis Nasional Infomark Mendukung Pembangunan Sektor Strategis Nasional Sumber: Google News | Berita 24 Pabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »