www.AlvinAdam.com

Berita 24 Papua Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ketimpangan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia Masih Tinggi

Posted by On 07.35

Ketimpangan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia Masih Tinggi

  • Home
  • Berita
  • Makro

Makro

Ketimpangan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia Masih Tinggi Dari 34 provinsi di Indonesia, hanya DKI Jakarta mencatat indeks pembangunan manusia sangat tinggi sebesar 80,06. penduduk Papua Aktivitas belajar mengajar di SD Inpres Yowong, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (2/5). Senin 16/4/2018, 19.34 WIB Michael Reily Harga Cabai dan BBM Non-Premium Sebabkan Inflasi Maret 0,2% Mulai Agustus 2018, BPS Pantau Produksi Tanaman Pangan Lewat Satelit Bulog Gandeng BPS untuk Sediakan Data Produksi dan Harga Pangan

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan ketimpangan kualitas hidup masyarakat Indonesia masih tinggi. Disparitas itu tercermin dalam rilis BPS tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2017 d yang menjadi salah satu faktor pembangunan.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan dari 34 provinsi di Indonesia, hanya DKI Jakarta yang memiliki IPM berstatus sangat tinggi, yaitu 80,06. BPS juga mencatat, sebanyak 14 provinsi memiliki IPM berstatus tinggi dengan angka 70 hingga 80 dan 18 provinsi memiliki status sedang dengan rentang IPM 60 sampai 70. Papua menjadi satu-satunya provinsi berstatus IPM rendah dengan perolehan indeks sebesar 59,09.

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syara t & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

“Ada pr besar mengenai ketimpangan kualitas hidup yang tinggi. Ada progres yang patut diapresiasi. Tentunya ke depan harus dibuat berbagaikebijakan untuk meningkatkan IPM rendah dan sedang,” kata Suhariyanto di Jakarta, Senin (16/4).

Selain itu, disparitas antarkabupaten dan kota di Provinsi Papua juga masih memiliki ketimpangan tinggi. Kabupaten Nduga misalnya, yang memiliki IPM yang sangat rendah yaitu 27,87, jauh dibandingkan Kota Jayapura yang mencapai 79,23.

Meski begitu, BPS juga mencatat ada kemajuan dalam peningkatan pembangunan manusia.Provinsi Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Barat meningkat paling tinggi dibanding tahun lalu dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 1,79%, 1,25%, dan 1,17%. “Meski rendah, ada upaya untuk mengejar pertumbuhan,” ujar Suhariyanto.

Pengukuran IPM dilakukan dengan mengacu pada 4 indikator, yakni Umur Harapan Hidup, Harapan Lama Sekolah, Rata-rata Lama Sekolah, dan Pengeluaran per Kapita. Keempat indikator juga mencatatkan nilai yang positif dari waktu ke waktu.

Pada 2017, masyarakat berharap bisa hidup selama 71,06 tahun, meningkat dibandingkan 2016 yang proyeksinya selama 70,90 tahun. Pelajar berusia muda juga berharap bisa sekolah selama 12,85 tahun dibandingkan 2016 yang ekspektasinya selama 12,72 tahun.

(Baca : Indonesia Naik Status Jadi Negara Dengan Pembangunan Manusia Tinggi)

Lama sekolah juga meningkat ketika survei dilakukan kepada penduduk usia 25 tahun ke atas. Pada 2016, lama sekolah hanya 7,95 tahun dan meningkat jadi 8,10 tahun tahun ini. Sedangkan pengeluaran per kapit a masyarakat Indonesia tahun 2017 mencapai Rp 10,66 juta, naik dibandingkan 2016 yang sebesar Rp 10,42 juta.

Peningkatan keempat indikator lantas mengerek IPM 2017 menjadi 70,81, naik 0,63 poin (0,9%) dibandingkan tahun lalu. Selama 8 tahun sejak 2010, rata-rata IPM Indonesia tumbuh sebesar 0,89% per tahun dan meningkat dari level sedang (69,55) menjadi tinggi (70,18) pada 2016.

“Ini menunjukkan dari waktu ke waktu, kualitas hidup masyarakat meningkat,” kata Suhariyanto.

Michael Reily Artikel Terkait Harga Cabai dan BBM Non-Premium Sebabkan Inflasi Maret 0,2% “Bisa dipastikan bulan depan pertalite masih ada andil pada inflasi karena (kenaikan terakhir) terjadi pada 24 Maret,” kata Kepala BPS Suhariyanto. Mulai Agustus 2018, BPS Pantau Produksi Tanaman Pangan Lewat Satelit Kepala BPS Suhariyanto menuturkan, penggunaan metode KSA bertujuan untuk memperoleh data produksi padi yang lebih akurat. Bul og Gandeng BPS untuk Sediakan Data Produksi dan Harga Pangan Akurasi data penting untuk menjalankan tugas pengadaan komoditas pangan dari pemerintah , seperti beras, jagung dan kedelai.

Berita Terpopuler

Nasional Boediono Angkat Bicara soal Putusan Praperadilan Century Boediono mengatakan, dirinya melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara saat Indonesia menghadapi ... Nasional Beda Sikap soal Cawapres, PKS Klaim Masih Solid dengan Gerindra Pengunduran deklarasi Prabowo dinilai terkait belum adanya kesepakatan cawapres dengan partai koalis ... Nasional Kemenristekdikti akan Impor 200 Dosen Asing "Salah satu indikator pengukurannya (reputasi dunia) adalah staff mobility. Staff mobility ini adala ... Industri Registrasi Prabayar Mengubah Drastis Bisnis Telekomunikasi “Dulu ada natural barrier yang namanya interkoneksi. Sekarang itu sudah tak relevan karena semua b ... Perdaganga n Mark Zuckerberg Isyaratkan Opsi Facebook Berbayar Zuckerberg juga memastikan layanan Facebook gratis akan selalu ada. Pertambangan 7 Bank Siap Beri Pinjaman Inalum untuk Akuisisi Freeport "Tiap bank nya ada limitnya per proyek berapa. Jadi bareng-bareng," kata Dirut Inalum Budi Gunadi Digital Kominfo Siapkan Peringatan Terakhir Sebelum Facebook Diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika telah dua kali mengirim surat peringatan ke Facebook. Energi Ini Kronologi Penemuan Pipa Putus di Teluk Balikpapan Versi Pertamina Pertamina baru menemukan pipa yang putus beberapa hari setelah kejadian karena Teluk Balikpapan dala ... Digital Data 1 Juta Pengguna Facebook Indonesia Bocor, Anda Termasuk? Indonesia adalah negara yang data penggunanya paling banyak dicuri setelah Amerika Serikat dan Filip ...

Opini

Joy Wahjudi joy wahjudi

Registrasi Prabayar Mengubah Drastis Bisnis Telekomunikasi

Arif Rachmat CEO PT Triputra Agro Persada Arif Rachmat

Agro Digital Itu Berat, Tapi Kesempatannya Besar

Iwan Setiawan Lukminto Iwan Setiawan Lukminto

Penerapan Teknologi Industri 4.0 Tak Perlu 100%

Fahmy Radhi Fahmy Radhi

Waspadai Potensi Tiga Penyimpangan Pembelian Saham Freeport

Theodore Permadi Rachmat TP Rahmat

Sektor Usaha Andalan Saat Ini Pertanian, Pariwisata, Kesehatan

Baca juga PNS Makro Bujet Gaji ke-13 dan THR PNS Naik, Pemerintah Harap Daya Beli Menguat Pertamina Energi Pertamina Buka Peluang Tukar Pertagas dengan Saka Pembangunan PLTU Ujungnegoro Infrastruktur Realisasi Lambat, Pemerintah Coret 14 Proyek dari Daftar Strategis Rupiah Makro Antisipasi Kondisi Global, Defisit APBN Kuartal I Terendah Sejak 2015 Infomark Kinerja Antam 2017 (2) Infomark Kinerja Antam 2017 Melesat Infomark Membangun Indonesia Sentris Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Infomark Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru PROPER: Pertamina Berkomitmen Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Infomark Komitmen Pertamina Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Sumber: Google News | Berita 24 Pabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »